Banyaknya pemberitaan di media elektronik dan media massa mengenai kasus video asusila  belakangan ini, tentunya menjadi perhatian serius bagi kita, apalagi bagi orang tua yang tidak bisa terus menerus mengawasi putra putrinya browsing internet serta mengingat penyebaran video asusila yang kebanyakan menggunakan media internet, maka memblokir situs atau situs yang mengangkat content dewasa atau 17 tahun keatasmerupakan langkah yang sangat bijak bagi kita baik itu pemilik warnet dan orang tua dari anak-anak tercinta kita yang merupakan generasi bangsa.
Berikut saya akan share cara blokir situs atau situs yang mengandung content dewasa. Untuk memblokir situs – situs tersebut kita bisa menggunakan software khusus yang bisa kita download secara gratis dari internet, selain itu kita bisa melakukan langkah – langkah berikut :

a. Bagi anda pengguna mozilla firefox
Download aplikasinya di sini 
Install addon blocksite yang telah anda download tersebut

Restart firefox anda klik pada menu add-ons > pilih blocksite > pilih option kemudian masukan daftar situs yang akan anda blok seperti pada gambar, jika ingin dipassword centang pada authentication terus isi passwordnya jika telah selesai semua klik OK.
b. Bagi anda pengguna Google Chrome
Download aplikasinya di sini 
Install aplikasi Website Blocker (beta) yang telah anda download
Setelah diinstall klik pada icon website blocker > masukan daftar situs yang akan anda blokir seperti gambar berikut :
c. Blokir situs dengan menggunakan DNS Nawala
DNs nawala adalah sebuah layanan DNS  filter yang bebas digunakan oleh pengguna internet yang membutuhkan saringan situs internet negatif .

DNs nalawa membantu pengguna internet menyaring jenis konten negatif yang tidak sesuai dengan peraturan perundang - undangan , nilai dan norma sosial , adat istiadat dan kesusilaan  bangsa indonesia seperti situs-situs yang berisi konten pornografi dan perjudian .

Selain kedua jenis situs di atas  , DNS nalawa juga akan menyaring situs  internet yang mengandung konten berbahaya seperti malware , situs phising (penyesatan) , dan senjenisnya , nah bila anda belum mengetahuai phising itu apa ??? , di sisni akan saya jelaskan sedikit tentang apa itu phising.

 Phising yang mempunyai arti dasar yaitu "Memancing" maka bisa di katakan Phising adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit seseorang secara tidak sah. Informasi ini kemudian akan dimanfaatkan oleh pihak penipu untuk mengakses rekening, melakukan penipuan kartu kredit atau memandu nasabah untuk melakukan transfer ke rekening tertentu dengan iming-iming hadiah. 

Bentuk phising ini bermacam-macam ,tapi yang paling umum adalah berbentuk situs palsu dan email palsu. Situs palsu disini adalah situs yang didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai situs aslinya. Bagi para peselancar yang tidak hati-hati maka mereka akan terjebak masuk kedalam situs palsu ini dan memberikan data-data pribadi mereka.

Ada pula yang berbentuk email palsu yang seolah-olah datang dari website resmi. Biasanya isi email palsu ini meminta konfirmasi dari user name dan password dengan mengklik link yang telah disediakan di email tersebut.

Untuk info lebih lanjutnya anda bisa membacanya di nawala.org. atau agan-gan bisa langsung download PDFnya di unimus.ac.id/file/manual-nawala-xp-7.pdf, "Nah" :D untuk setting DNS nawala sebagai berikut :

Pengguna PC atau Laptop :
- Operating system Windows XP ikuti panduannya di sini 
- Operating system windows vista dan windows 7 ikuti panduannya di sini 
- Operating System Mac OS ( Snow Leopard ) lihat panduannya di sini
Pengguna Ponsel Symbian S60 :
DNS Nawala juga dapat digunakan pada perangkat/Ponsel tertentu. Nokia dengan OS Symbian S60 adalah salah satu ponsel yang dapat memanfaatkan DNS Nawala untuk melakukan penyaringan situs. Caranya adalah sbb:
Bukalah Menu Tools kemudian pilih Settings, berikut pilih Connection kemudian Access Points. Pada posisi ini, pilihlah access point yang akan diatur untuk menggunakan DNS Nawala. Sebagai contoh, ada sebuah access point dengan nama XPoint yang akan kita set. Setelah access point tersebut dipilih, maka akan muncul tampilan teks berikut:
Connection Name: xpoint
Data Bearer: wireless LAN
WLAN Net Name: xpoint
Tekanlah tombol “Options” kemudian Pilih “Advanced Settings“, Pilih IPv4 settings kemudian pilih DNS Address.
Langkah berikutnya adalah mengisikan Primary DNS Address dengan IP Address:180.131.144.144 dan Secondary DNS Address dengan: 180.131.145.145
Simpanlah hasil perubahan ini dan anda silahkan melakukan percobaan ke koneksi yang baru saja diatur menggunakan DNS Nawala tersebut untuk menguji apakah fungsi penyaringan situs sudah berjalan.
d. Blokir situs tanpa software, tanpa menambahkan adds-on blocksite pada firefox atau Website blocker pada google chrome
Langkah – langkah yang perlu anda lakukan sebagai berikut :
Pertama klik Start > Run pada XP dan Run as Administrator pada Windows Vista / 7

Kedua ketikan notepad C:/Windows/System32/drivers/etc atau Buka My Computer pilih path C:/Windows/System32/drivers/etc kemudian buka file host dengan notepad.
Ketiga, untuk memblokir situs misalnya Facebook, Anda dapat menambahkan 127.0.0.1 facebook.com di bawah. Tambahkan daftar website baru jika ingin memblokir situs-situs yang lain. seperti gambar berikut
Setelah melakukan langkah diatas, situs-situs yang diblokir sesuai keinginan Anda tidak bisa diakses melalui browser manapun
Demikian postingan saya kalai ini mengenai pemplokiran situs asusila atau situs dengan konten dewasa,
TERimakasih :D !!!
semoga bermanfaat.  wassalam