Membuat Template Joomla Tanpa Belajar HTML, PHP dan CSS


Wach…..menyalahi kode etik nich……..Ciri2 orang numpang yang gak tau diri! hehehehe…………
Tapi tak perlu dipermasalahkan, kita mulai saja membuat template joomla dengan cepat dan mudah tanpa perlu belajar yang macem2.
Pertama, pikirkan dulu mau bikin 2 kolom atau 3 kolom tapi kalo saya lebih suka 3 kolom karena lebih leluasa mengatur modulenya dan tentunya ditambah top module space dan bottom module space agar lebih variatif, tapi pertanyaannya bagaimana cara bikinnya? begitu kan?
Ok, kita belajar sama2 yukkk,
  1. Bagi anda yang tidak tau bahasa HTML dan CSS secara gamblang mungkin kesusahan untuk membuat template baik itu wordpress, joomla ataupun CMS lainnya. Tapi tak perlu khawatir, tinggal pilih template yang sesuai dengan keinginan kita, baik 2 ataupun 3 kolom. Download n ekstra filenya kemudian buka index.php dan template.css nya.
  2. Tak perlu bingung mikirin script yang rumit dan susah itu, tinggal kita lihat aja pada bagian css yang memuat script background atau images.
  3. Setelah ketahuan tuch script mana aja yang memuat gambar2 buat template, saatnya kita beraksi bereksplorasi terhadap template tersebut. Ganti semua gambar tersebut dengan gambar apa saja yang berbeda-beda untuk memudahkan kita mengetahui dimana letak dari script tersebut pada template.
  4. Save css, kemudian kita beralih ke index.php, lihat dalam file index.php apakah ada images yang disematkan langsung dari index.php ganti seperti halnya pada No.3 kemudian save as index.php dengan ekstensi .html, mungkin anda bertanya kenapa kok diganti jadi index.html bukankah gak bisa dikenalin ama joomla nantinya? Jawabanya: kita sekarang tidak membahas masalah dikenalin atau tidak oleh joomla tapi kita belajar membuat template yang mudah untuk joomla.
  5. Setalah itu buka halaman index.html dengan browser, kemudian lihat kekacauan yang baru saja anda lakukan terhadap template yang indah itu………kacau banget pasti kan. Nach mulailah gunakan daya imajenasimu, kreatifitas serta sedikit sentuhan magic agar template yang acak2 ini kembali rapi sesuai dengan keinginanmu.
  6. Setelah jadi, kita save as index.html ke index.php agar bisa dibaca ama joomla, kemudian kita buka templateDetail.xml, kita ganti author dan semua yang kamu anggap penting.
Nach sekarang dengan modal yang kecil ini, diharapkan nantinya bagi yang gak tidak tau bahasa CSS, HTML dan PHP akan sedikit paham dengan eksplorasi gila ini. Tentunya template yang dibuat akan lebih kreatif lagi dengan menambahkan berbagai divisi tambahan ( script div ) pada index.php kemudian dipercantik dengan sentuhan CSS ala amatiran.
Semoga bermanfaat!

sumber dari http://omshani.wordpress.com/ thx u

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Posting Komentar

Silakan isi Komentar sobat
dan gunakan kata-kata yang sopan.
Jangan nyepam ya n_n

wa
Cara Memasang Cursor Pada Dokumen HTML